Senin, 16 Mei 2011

Tugu Bersejarah di Meulaboh

Meulaboh, Aceh Barat adalah sebuah kota kecil yang terletak dibagian barat provinsi ACEH. Meulaboh juga sempat terkena dahsyatnya terjangan Tsunami pada 26 Desember 2004 lalu. 7 tahun setelah Tsunami pada saat postingan ini saya tulis, kota meulaboh telah kembali seperti sediakalanya meskipun tidak persis sama seperti sebelum Tsunami. Banyak yang telah berubah dan terlewatkan oleh saya. Ini karena 2 tahun setelah Tsunami saya melanjutkan pendidikan saya kejenjang Universitas yang terletak di ibukota provinsi yaitu dikota Banda Aceh. dan saya hanya dapat menikmati pemandangan kota kelahiran saya ini pada saat liburan tiba dan itupun tidak lama paling hanya seminggu.


Ada beberapa hal yang menurut saya menarik yang ada dikota meulaboh seperti meulaboh merupakan kota seorang pejuang sekaligus pahlawan yaitu Teuku Umar. Beliau adalah seorang yang dengan gigihnya mempertahankan tanah air dari jajahan belanda. dan untuk mengenang perjuangan beliau melawan belanda dikota meulaboh tepatnya didesa Ujung kalak didirikanlah sebuah Tugu yang bernama Kupiah Teuku Umar, kemudian dikota meulaboh juga memiliki sebuah mesjid yang sangat indah dan masih banyak lagi hal-hal menarik lainnya yang dapat kita jumpai dikota kecil ini. berikut ini saya berikan beberapa gambar yang saya ambil dari berbagai sumber.


Tugu Kupiah Teuku Umar
Tugu Kupiah Teuku Umar ini dibangun setelah Tsunami sebelumnya tugu ini terletak di desa Suak Ribee dan lokasinya tidak jauh dari lokasi tugu ini kira-kira sekitar 200M. Akan tetapi pada lokasi sebelumnya, setelah Tsunami telah terjadi abrasi.

Mesjid Agung Meulaboh
Mesjid ini Namanya Mesjid Agung. Mesjid ini merupakan mesjid kabupaten yang terletak di desa Seunebok. Arsitektur mesjid ini sangatlah indah.

Simpang Pelor Tempo Dulu
Nah Kalau yang ini adalah sebuah gambar dimana pusat kota meulaboh berada. gambar diatas merupakan  sebuah simpang yang ditengahnya terdapat sebuah tugu dan diberi nama dengan simpang pelor. Sebenarnya dulu masyarakat setempat menamakan tempat ini dengan sebutan timbangan. ini karena dulu disini terdapat timbangan yang berfungsi mengukur berat muatan mobil yang masuk kedalam kota. Pada saat konflik melanda aceh ditempat ini adalah tempat pertama mulai terjadi konflik khususnya dikota meulaboh dan pada saat itu pula dinamakanlah tempat ini dengan sebutan simpang pelor. dibawah ini adalah gambar simpang pelor pada saat ini.

Simpang Pelor setelah Tsunami

Kopi Tubruk
Ini merupakan minuman favorit saya. namanya kopi tubruk. Diaceh memang terkenal dengan kopinya tetapi kalau kopi yang satu ini hanya terdapat dikota meulaboh. cara penyajian dan cara minikmati kopi ini sangatlah unik pokoknya seru deh. mungkin dikota-kota lain di indonesia juga terdapat kopi seperti ini tapi kalau sobat keaceh nggak ada salahnya sobat coba kopi yang satu ini. saya jamin sobat akan sangat menikmatinya.



Share

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar di sini, teurimoeng Geunaseh :